Text
Tripping Point
Ada banyak kisah yang membuktikan bahwa hal-hal kecil, yang sederhana, dengan modal yang minim, dapat menghasilkan perubahan yang besar dan drastis. Titik perubahan inilah yang Malcolm Gladwell istilahkan dengan Tipping Point. Dan agar suatu epidemi mencapai Tipping Pointnya — Meledak, menyebar ke segala penjuru dan diterima oleh banyak orang — ada 3 unsur penting yang menjadi penyebabnya. Ketiga unsur itu adalah:
1. Law of the Few
Law of the Few atau Hukum tentang yang Sedikit, menjelaskan bahwa ada segelintir orang diantara kita yang mempunyai keahlian agar suatu hal — baik itu ide, gagasan, ataupun produk — dapat diterima oleh banyak orang. Segelintir orang itu adalah tipe-tipe orang yang diistilahkan dengan nama The Connector, Maven dan 2. Salesmen.
Intinya, bagian Law of The Few ini adalah tentang Si Orang. Si agen penginfeksi.
2. Stickiness Factor
Faktor Kelekatan, menjelaskan tentang “hal” itu sendiri dan cara penyampaiannya. Disini menjelaskan tentang hal - ide, gagasan, produk - degan kriteria seperti apa aja sih yang melekat dan dapat diterima oleh banyak orang. Lalu, bagaimana cara kita menyampaikan hal itu dengan baik.
Intinya, bagian Stickiness Factor ini adalah tentang hal dan cara penyampaiannya kepada khalayak.
3. Power of Context
Kekuatan Konteks, menjelaskan tentang situasi dan kondisi yang mendukung proses penyampaian suatu epidemi. Segala sesuatu baik itu waktu, tempat, musim, lingkungan, jumlah orang pada suatu organisasi, dan yang lainnya yang mendukung keberhasilan penyebaran epidemi. Baiknya suatu epidemi yang akan kita sebar kepada khalayak itu dikirim di lingkungan yang seperti apa sih, dimana, kapan, dlsb.
202201602 | 155.25 GLA t | My Library (Filsafat dan Psikologi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain